Minggu, 03 Januari 2010

Samudera Manakah yang Terdalam di Dunia ?

. Minggu, 03 Januari 2010
0 komentar


Dalam banyak hal samudera-samudera itu masih tetap merupakan rahasia bagi kita. Misalnya saja kita belum tahu berapa tuanya usia samudera itu. Jelas nampaknya bahwa pada tahap pertama terbentuknya bumi kita samudera-samudera itu belum ada.
          Sekarang ini manusia sedang berusaha meneliti dasar landasan samudera untuk lebih banyak menarik pengetahuan dari padanya. Sampai sedalam 12.000 kaki dasar landasan samudera itu diliputi oleh selapisan lumpur yang lembut dan lembab. Lumpur ini terjadi dari zat kapur bekas tulang-belulang binatang laut yang kecil-kecil. Landasan dasar laut yang dalam, yang nampaknya lebih biru gelap, pada kedalaman lebih dari empat mil, diliputi oleh semacam "tanah liat merah" yang lembut, halus dan berwarna coklat bagaikan warna karat besi. Lapisan tanah liat ini mengandung zat kapur tulang belulang binatang-binatang kecil di laut, bahkan sisa-sisa tumbuhan yang halus, dan bekas abu gunung berapi.
          Caranya mengukur dalamnya laut sekarang ini ialah dengan jalan mengirimkan gelombang bunyi ke bawah, yang oleh dasar landasan laut bunyi itu dipantulkan kembali ke atas. Ukuran tingginya ke dalam laut itu dapat diketahui dari berapa lamanya gelombang bunyi itu melakukan perjalanan itu pulang pergi. Hasilnya akan diambil dari jumlah jarak yang ditempuhnya itu dibagi dua.
          Berdasarkan cara pengukuran ini, maka mudahlah bagi kita memperoleh gambaran tentang ke dalaman rata-rata berbagai- lautan yang terdapat di dunia ini. Demikian pula dapat diukur berapa jaraknya titik yang terdalam di sebuah samudera dari alas permukaan laut. Samudera yang rata-rata memiliki landasan dasar yang paling dalam ialah Samudera Pasifik. Yakni, 14.048 kaki dalamnya. Yang berikutnya, yang mempunyai Kedalaman rata-rata 13.002 kaki adalah Samudera Indonesia. Samudera Atlantik menduduki tempat ke tiga, dengan ke dalaman rata-rata 12.880 kaki. Sebaliknya, laut yang paling dangkal adalah Laut Baltik, karena hanya mempunyai ke dalaman rata-rata 80 kaki saja!
          Satu-satunya tempat yang letaknya terdalam di dunia ini kita temukan di Samudera Pasifik dekat pulau Guam dengan ke dalaman 35.400 kaki. Yang kedua terdalam di dunia ialah di Samudera Atlantik, dari lepas pantai Puerto Rico, di mana ke dalaman itu :tercatat 30.246 kaki. Sedangkan Teluk Hudson, yang luasnya mengalahkan banyak laut di dunia ini, hanya mempunyai titik terdalam 600 kaki saja.

0 komentar:

 
 
 
 
Using Xclear | Bloggerized by Themescook | Edited by Leonheart