Rabu, 30 Desember 2009

Apakah Yang Kita Namakan Nebula?

. Rabu, 30 Desember 2009
0 komentar


Bila anda pernah melihat garnbar nebula di dalam buku-buku, yang berupa spiral besar, tiang berputar atau awan berkabut, maka janganlah anda berharap bisa menyaksikan suatu pemandangan yang semacam itu di ruang angkasa. Sebab sebagian dari nebula itu demikian lemah polanya, sehingga tak mungkin bagi kita untuk bisa melihatnya tanpa menggunakan teleskop. Perkataan "nebula" itu berasal dari bahasa Latin yang berarti "kabut". Memang nebula itu nampak seperti kabut bila mula-mula kita menelitinya melalui teleskop yang kecil.

Ada terdapat dua golongan nebula, yakni nebula galactic dan nebula extra-galactic. Nebula galactic terdapat di dalam rangkaian bima sakti kita, dan terdiri dari bahan debu dan gas. Oleh karena "ekstra" berarti "di luar" maka extra-galactic adalah nebula yang terdapat di luar lingkungan bima sakti kita. Sebagian besar dari padanya terdiri dari bintang – bintang.
Nebula galactic berjumlah tidak lebih dari 2.000 bintang. Ini berarti bahwa sebagian besar daripada nebula itu tidak dikenal oleh manusia dan berada di luar bima sakti kita. Ada berapa banyakkah jumlahnya ? Sejauh yang kita ketahui ada terdapat jutaan jumlahnya di antariksa yang maha luas itu, di balik bima sakti kita sendiri.
Nebula extra-galactic itu sering pula dijuluki orang dengan nama "gugusan kepulauan alam semesta" atau "galaxy". Ini berarti, jika sekiranya seseorang berdiri, dari sana dan meninjau kearah bima sakti kita ini, maka bima sakti kita inipun nampaknya hanya semacam nebula pula bentuknya.
Nebula extra-galactic memiliki berbagai macam bentuk. Sebagian tidak menentu bentuknya, sebagian lainnya berbentuk elliptis. Yang paling tidak berbeda dengan bima sakti kita, yakni terdiri dari sejumlah besar bintang-bintang, awan-awan raksasa yang mengandung gas, dan alur debu yang luas.Nebula ini biasanya mempunyai semacam nucleus atau kepala di tengah-tengahnya. Dari pusat kepala inilah lengan-lengannya membentang ke luar dalam bentuk model spiral itu. Nebula spiral bernama Andromeda adalah yang paling dekat letaknya dengan bumi kita dan merupakan nebula yang paling luas dan terang-benderang yang dikenal orang selama ini. Ia memancarkan cahaya sekitar 1.500.000.000 kali lipat terangnya dibandingkan dengan terang matahari kita.

0 komentar:

 
 
 
 
Using Xclear | Bloggerized by Themescook | Edited by Leonheart