Minggu, 29 November 2009

Apa sih Sosiologi itu??

. Minggu, 29 November 2009
0 komentar


DEFINISI SOSIOLOGI

         Sosiologi berasal dari bahasa latin  socius berarti teman/kawan  dan logos berarti ilmu . Jadi sosiologi berarti ilmu tentang teman.
         Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam masyarakat yang menyangkut hubungan antar individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.
         Menurut beberapa ahli ada banyak batasan sosiologi :
1.      Auguste Comte : Sosiologi adalah ilmu positif tentang masyarakat sehingga sosiologi bertujuan mengetahui mengetahui masyarakat dan dengan pengetahuan itu seseorang dapat menjelaskan, meramal, dan mengontrol masyarakat. 
2.      Peter  Berger :  sosiologi adalah studi ilmiah mengenai hubungan antara manusi dan masyarakat.
3.      Max Weber : ilmu yang berhubungan dengan pemahaman interpretatif mengenai tindakan sosial.
4.      Emile Durkheim : sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial bukan fakta individual. Fakta sosial adalah setiap bertindak yang umumnya terdapat dalam suatu masyarakat tertentu yang sekaligus memiliki eksistensi sendiri dengan cara duniannya sendiri terlepas dari manifestasi-manifestasi individu.
5.      Pitirim A Sorokin :
Sosiologi adalah
·         Hubungan dan pengaruh timbal balik aneka macam gelaja  sosial  seperti ekonomi dengan agama, agama dengan tenaga dan moral
·         Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala non sosial
·         Ciri-ciri umum dari semua jenis gejala sosial
6.      Roucek dan Warren :
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dalam kelompok-kelompok.
7.      William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff :
sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi  sosial.
8.      J.A.A. Van Doorn dan C.J. Lammers :
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan  tentang struktur-struktur dan proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
9.      Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi :  
         Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial  termasuk perubahan sosial.
         Struktur sosial adalah : keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok  yaitu kaidah-kaidah sosial , kelompok-kelompok serta lapisan-lapisan sosial.
         Proses sosial adalah : pengaruh timbal balik antar berbagai segi kehidupan bersama  seperti pengaruh timbal balik antara kehidupan ekonomi dan kehidupan politik , antara kehidupan hukum dengan kehidupan agama.
10.  Mayor Polak
sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat masyarakat secara keseluruhan yaitu hubungan manusia dengan manusia, manusia dan kelompok dan kelompok dengan kelompok.
11.  Hasan Sadily
sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat dan menyelediki ikatan antar manusia  yang menguasai kehidupan itu

TUJUAN SOSIOLOGI yaitu mempelajari perilaku individu maupun kelompok

LATAR BELAKANG TIMBULNYA SOSIOLOGI

Adanya revolusi industri di Eropa, Revolusi Perancis, Revolusi agraria menimbulkan masalah yang kompleks.
Masalah tersebut dicoba diselesaikan dengan ilmu – ilmu yang sudah ada saat itu seperti matematika, fisika, sejarah, geografi, dan lain – lain.
Namun masalah tersebut tidak dapat dituntaskan.
Lalu terbentuklah ilmu sosiologi.
Dengan adanya sosiologi masalah tersebut menjadi tuntas.

HAKEKAT SOSIOLOGI
  1. Sosiologi adalah ilmu sosial bukan merupakan ilmu alam ataupun ilmu kejiwaan . Sosiologi    membedakan ilmu pengetahuan yang bersangkut paut dengan gejala alam dengan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan gejala-gejala kemasyarakatan.
  1. Sosiologi bukan merupakan disiplin yang normatif  melainkan disiplin yang kategoris  artinya membatasi diri dengan apa pada apa yang terjadi dewasa ini  dan bukan yang seharusnya terjadi.
  1. Sosiologi merupakan ilmu murni ( pure science )  bukan merupakan ilmu pengetahuan terapan  ( applied science ) .
Ilmu murni adalah ilmu pengetahuan yag bertujuan untuk membentuk  dan mengembangkan ilmu pengetahuan secara abstrak untuk mempertinggi mutunya tanpa memnggunakan dalam masyarakat.
Ilmu Terapan: ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mempergunakan dan menerapkan ilmu pengetahuan tersebut dalam masyarakat dengan maksud membantu masyarakat.
Tujuan dari sosiologi adalah untuk mendapatkan pengetahuan sedalam-dalamnya tentang masyarakat  bukan menggunakan pengetahuan tersebut  terhadap masyarakat.
  1. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan ilmu pengetahuan kongkrit  artinya yang diperhatikan adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat  tetapi bukan wujudnya yang kongkrit
  2. Sosiologi menghasilkan pengertian –pengertian dan pola-pola umum. Sosiologi meneliti  apa  yang menjadi prinsip atau hukum umum dari interaksi antar manusia dan sifat, bentuk, isi dan struktur masyarakat
  3. Sosiologi merupakan ilmu  pengetahuan yang empiris rasional
  4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum dan bukan merupakan  ilmu pengetahuan khusus artinya sosiologi mempelajari yang umum pada setiap interaksi antar manusia



OBJEK SOSIOLOGI
Obyek Sosiologi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut  dari hubungan antar manusia  dan proses yang timbul dari hubungan manusia dalam masyarakat

MASYARAKAT
Menurut beberapa pengertian masyarakat adalah :
  1. Mac Iver dan Page
masyarakat adalah sistem dari kebiasaan dan tata cara dari wewenang dan kerjasama antara berbagai kelompok dan penggolongan  dari pengawasan tingkah laku serta kebebasan-kebebasan manusia.  
  1. Ralph Linton
masyarakat adalah kelompok manusia yang telah hidup dan bekerja bersama cukup lama sehingga dapat mengatur diri mereka  dan menganggap diri mereka sebagai suatu kesatuan sosial dengan batas-batas yang dirumuskan dengan jelas .
  1. Selo Soemardjan 
masyarakat adalah orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan
Unsur masyarakat :
          Manusia yang hidup bersama minimal dua orang atau lebih
          Berkumpul dalam waktu yang lama dan melaksanakan interaksi sosial yang satu dengan yang lain
          Sadar bahwa mereka merupakan satu kesatuan
          Merupakan suatu sistem hidup bersama  dan dalam sistem tersebut menghasilkan kebudayaan serta setiap orang terikat dengan yang lain

KEDUDUKAN SOSIOLOGI
         Sosiologi dengan ilmu politik
Ilmu politik menitikberatkan mempelajari daya upaya untuk memperoleh , mempertahankan dan menggunakan kekuasaan sementara sosiologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola umum

         Sosiologi dan ekonomi
Ekonomi mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan materiilnya sedangkan sosiologi mempelajari unsur masyarakat secara keseluruhan

         Sosiologi dengan sejarah
Sejarah mempelajari kejadian dan hubungan yang dialami manusia sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Sejarah melihat berbagai kejadian dan peristiwa yang dialami manusia pada masa silam dan mencari hubungan antara peristiwa tersebut. Sejarah melihat pada peristiwa masa lalu dan sifat yang unik dari peristiwa tersebut.
   
Sosiologi memperhatikan peristiwa yang merupakan unsur kemasyarakatan yang timbul dari hubungan antar manusia dalam situasi yang berbeda.

         Sosiologi dan Antropologi

Antropologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat primitif atau memiliki kebudayaan yang masih sederhana sedangkan sosiologi memusatkan perhatiannya pada masyarakat modern yang kompleks. Menurut pandangan Koentjaraningrat perbedaan yang mendasar terletak pada metode ilmiah

         Sosiologi dan ilmu pasti

Pada dasarnya penelitian sosiologi menggunakan angka-angka matematis seperti data statistik sebagai salah satu alat analisisnya.

CIRI – CIRI SOSIOLOGI
  1. Sosiologi bersifat empiris artinya sosiologi didasarkan pada pengamatan terhadap kenyataan sosial dan hasilnya tidak spekulatif.

  1. Sosiologi bersifat teoritis artinya sosiologi selalu berusaha menyusun kesimpulan dari hasil-hasil observasi untuk menghasilkan teori keilmuan

  1. Sosiologi bersifat komulatif artinya teori sosiologi dibentuk atas dasar teori yang sudah ada  dan bersifat memperbaiki, memperluas  dan memperdalam teori yang sudah ada.

  1. Sosiologi bersifat non etis artinya  sosiologi tidak mempersoalkan baik buruknya fakta  tetapi menjelaskan fakta tersebut secara analitis dan apa adanya

FUNGSI SOSIOLOGI
Sebagai  ilmu sosial yang baru sosiologi selalu berusaha mempunyai manfaat bagi perkembangan masyarakat yaitu:
  1. Perencanaan sosial  yaitu kegiatan untuk mempesiapkan masa depan kehidupan masyarakat secara ilmiah dan bertujuan untuk mengatasi berbagai hambatan . Sifat perencanaan sosial adalah prefentif dengan memberi gambaran kepada lembaga yang berwenang supaya dalam mengambil keputusan dilakukan secara tepat.
    1. Sosiologi memahami perkembangan kebudayaan                             masyarakat baik tradisional  ataupun modern sehingga proses penyusunan dan pemasyarakatan suatu perencanaan sosial relatif mudah dilakukan
    2. Sosiologi memahami hubungan manusia dengan lingkungan alam , hubungan antar golongan juga proses perubahan   dan pengaruh penemuan baru terhadap masyarakat . Proses perencanaan harus disusun berdasar kenyataan yang faktual dan relatif mudah dipercaya.  
    3. Sosiologi punya disiplin ilmiah yang didasarkan pada obyektifitas . Pelaksanaan pebangunan diharapkan lebih baik dan ditekan sekecil mungkin bentuk penyimpangannya.
    4. Dengan berpikir secara sosiologis suatu perencanaan sosial dapat digunakan untuk mengetahui tingkat ketertinggalan dan tingkat kemajuan masyarakat ditinjau dari sudut kebudayaan.
    5. Perencanaan sosial merupakan alat untuk mengetahui perkembangan masyarakat dan fungsinya untuk menghimpun kekuatan sosial guna menciptakan ketertiban masyarakat. 
  2. Penelitian
    1. Memahami simbul-simbul, kode serta berbagai istilah yang digunakan untuk masyarakat sebagai obyek penelitian empiris
    2. Pemahaman terhadap tingkah laku manusia dalam masyarakat
    3. Kemampuan mempertimbangkan berbagai fenomena sosial yang timbul dalam kehidupan masyarakat terlepas dari prasangka-prasangka subyektif
    4. Kecenderungan melihat kecenderungan-kecenderungan arah perubahan pola tingkah  manusia sebagai anggota masyarakat atas sebab-sebab tertentu
    5. Kehati-hatian dalam menjaga pemikiran yang rasioal sehingga tidak terjebak dalam pola pikir yang tidak jelas .
  3. Pembangunan
    1. Pembangunan adalah proses perubahan di segala bidang kehidupan yang dilakukan secara sengaja berdasar suatu rencana tertentu Pembangunan ditujukan untuk meningkatkatkan taraf hidup rakyat baik secara material maupun spiritual
    2. Cita-cita yang ingin dibangun meliputi  :
                                                        i.      pembangunan bersifat rasional
                                                       ii.      ada perencanaan dan proses pembagunan
                                                     iii.      peningkatan produktifitas
                                                    iv.      peningkatan standar kehidupan
                                                      v.      kesempatan yang sama untuk berpartisipasi
Tahap pembangunan :
·         Perencanaan
Awalnya perlu diidentifikasikan kebutuhan masyarakat  dan yang perlu diperhatikan adalah stratifikasi sosial, pusat kekuasaan dan saluran komunikasi
·         Penerapan
perlu diperhatikan kekuatan dan perlu dilihat perubahan sosial yang terjadi  dalam masyarakat
·         Evaluasi
perlu diadakan analisis terhadap dampak pembangunan. Dampak itu dapat dilihat dari kekurangan, kemacetan, kemunduran  dan kemerosotan  sehingga diperlukan  pengadaan, pembetulan , penambahan, dan peningkatan secara proporsional . Sebelum membangun industri perlu dipertimbangkan tentang AMDAL

PERAN SOSIOLOGI
1.      Sosiologi sebagai ahli riset
Sosiologi melakukan penelitian dengan menaruh perhatian pada pengumpulan dan penggunaan data. Sosiolog diharapkan mampu menghadirkan kebenaran agar dampat negatif bagi masyarakat dapat dikurangi  serta menghadirkan pola-pola kecenderungan dan perubahan yang paling mungkin terjadi.
2.      Sosiolog sebagai konsultan kebijakan
Ramalan sosiologi dapat memperkirakan pengaruh kebijakan sosial yang mungkin terjadi. Kebijakan diambil dengan suatu harapan menghasilkan pengaruh atau dampak yang diinginkan.
3.      Sosiolog sebagai teknisi
Sosiologi memberi saran baik dalam menyelesaikan masalah hubungan masyarakat hubungan antar karyawan, masalah moral maupun hubungan antar kelompok dalam organisasi
4.      Sosiologi sebagai guru dan pendidik
Dalam menyajikan fakta seorang sosiolog harus netral dan obyektif



PEMECAHAN MASALAH SOSIAL
         Masalah sosial adalah : ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang membahayakan kehidupan masyarakat.
         Sumber masalah sosial adalah :
         ekonomis
         Biologis
         Psikologis
         Kebudayaan

Masalah sosial umum adalah :
  1. kemiskinan  yaitu suatu keadaan dimana seseorang tidak saggup memenuhi /memelihara dirinya sendiri dan tidak sanggup memanfaatkan tenaga mental / fisiknya sesuai dengan kelompok tersebut.
  2. Kejahatan yaitu proses sosial yang terjadi karena kondisi dan proses sosial yang sama menghasilkan perilaku sosial yang berbeda .
  3. Disorganisasi sosial yaitu perpecahan keluarga sebagai satu unit karena angota keluarga gagal memenuhi kewajibannya yang sesuai dengan peran sosialnya
  4. Masalah generasi muda
Generasi muda mempunyai dua ciri yaitu radikal dan apatis dengan adanya sikap suka menentang dan adanya sikap penyesuaian yang membabi buta terhadap ukuran moral generasi tua. Perbedaan disebabkan karena adanya masa transisi pada generasi muda seakan berada di persimpangan jalan antara norma yang lama dan norma baru . Golongan tua menganggap sehingga norma lama masih diterapkan dan tidak sesuai dengan keadaan anak muda, sementara kaum muda tidak diberi kesempatan untuk membuktikan diri. Bagi masyarakat kota ditambah dengan tidak adanya waktu yang cukup orang tua mendampingi anak muda karena sibuk dengan pekerjaan dan mengejar prestise.
1.      Persoalan Sense of value kurang ditanamkan pada generasi muda karena orang tua sibuk
2.      Timbulnya organisasi  / kelompok pemuda informal yang kadang tingkah lakunya tidak disukai oleh masyarakat
3.      Timbul dorongan pada generasi muda untuk mengadakan perubahan dalam masyarakat dan disesuaikan dengan nilai-nilai anak muda  seperti : genk Nero, genk motor dll
  1. Perang merupakan bentuk pertentangan antar kelompok dalam masyarakat yang biasanya diakhiri dengan proses akomodasi.Dampak dari perang menimbulkan disorganisasi sosial baik di negara yang menang maupun negara yang kalah.  Contoh Perang Teluk antara Irak dan Amerika, Perang  Georgia dan Rusia memperebutkan daerah perbatasan.
  2. Pelanggaran terhadap norma kemasyarakatan
         Pelacuran yaituPerbuatan menyerahkan diri pada orang lain untuk melakukan hubungan seksual dengan mendapat imbalan.Penyebabnya dari  dalam seperti : nafsu seksual       tinggi, sifat malas, dan keinginan hidup mewah. Penyebab dari luar antara lain faktor kebutuhan ekonomi dan urbanisasi
         Delinkuensi / kenakalan anak remaja  yaitu perilaku          yang   tidak disukai masyarakat seperti kebut- kebutan, perkelaian   pelajar, mengompas, aksi     corat-coret di tembok/tempat umum.
         Alkholime yaitu penggunaan minum-minuman         keras   secara berlebihan sehingga           penggunanya dapat   kehilangan kesadaran sehingga dapat menyebabkan kecelakaan           ataupun merugikan orang lain.    
  1. Masalah Kependudukan yaitu menyangkut pertambahan penduduk yang sangat cepat menyebabkan kepadatan penduduk khususnya di perkotaan sangat tinggi sehingga berpengaruh pada  masalah sosial yang lain seperti meningkatnya kemiskinan, meningkatnya angka kejahatan. Kepadatan juga ditunjang dengan tingkat urbanisasi yang tinggi khususnya di kota-kota besar.
  2. Masalah Lingkungan Hidup yaitu masalah pencemaran menjadi isu sentral dalam masyarakat yang meliputi pencemaran udara, air , tanah   sehngga perlu penangan bersama seperti gerakan penghijauan, pemakaian kendaraan yang dibatasi, hari tanpa rokok, pengolahan sampah dan sebagainya.

METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang membicarakan mengenai cara-cara melaksanakan penelitian meliputi kegiatan : mencari, mencatat, merumuskan, menganalisis sampai menyusun laporan berdasar fakta-fakta atau gejala secara ilmiah.

Dalam penelitian sosiologi biasanya menggunakan beberapa metode dalam penelitian antara lain :
  1. Metode statistik yaitu: metodeuntuk menunjukkan hubungan atau pengaruh kausalitas serta memperkecil prasangka pribadi/sepihak. Jawaban pertanyaan responden disusun secara statistik
  2. Metode percobaan
metode yang berusaha membandingkan antara      percobaan     yang satu dengan metode lainnya. Percobaan ini dapat dilakukan di lapangan dan di laboratorium.
  1. Metode induktif dan deduktif
Metode induktif adalah metode yang berusaha untuk memperoleh kaidah umum untuk mempelajari yang khusus . Metode deduktif adalah metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah khusus untuk mempelajari gejala umum
  1. Metode studi kasus
Metode yang digunakan untuk meneliti kebenaran peristiwa-peristiwa tertentu
  1. Metode survei lapangan 
Metode yang bertujuan memperoleh data yang ada dalam kehidupan masyarakat secara langsung Data ini dapat diperoleh secara langsung melalui angket, wawancara , atau observasi secara langsung 
  1. Metode partisipasi  
Metode yang digunakan untuk mengadakan penelitian mendalam tentang kehidupan kelompok.  Peneliti berbaur dengan kelompoksambil mengadakan pengamata dan kegiatan penelitian . Peneliti tidak boleh emosional 










0 komentar:

 
 
 
 
Using Xclear | Bloggerized by Themescook | Edited by Leonheart