Sabtu, 20 Februari 2010

Dasar Sosialisasi

. Sabtu, 20 Februari 2010
0 komentar


Sosialisasi pertama dilakukan dalam keluarga inti terutama orang tua
sehingga dapat mempengaruhi perkembangan jiwa terutama kepribadian seseorang di masa yang akan datang.

Keluarga  dalam masyarakat kita dibagi dalam  keluarga inti / keluarga batih / somah / nuclear family yaitu keluarga yang terdiri dari ayah ibu dan anak yang belum menikah  dapat anak kandung, anak angkat maupun anak tiri.

Keluarga Luas / extended family yaitu keluarga yang terdiri dari beberapa keluarga inti yang masih mempunyai hubungan darah.

Sosialisasi berlangsung sepanjang hidup manusia dan baru akan berakhir setelah manusia mati. Hal ini menunjukkan bahwa sosialisasi merupakan proses seseorang belajar untuk membentuk diri sehingga orang yang bersangkutan dapat diterima dalam masyarakat.

Perbedaan pembentukan kepribadian hasil sosialisasi individu disebabkan adanya perbedaan proses serta perbedaan nilai dan norma yang dianut sehingga menentukan bagaimana seseorang harus bertingkah laku dan dapat diterima sebagai warga masyarakat.

Walaupun berbeda proses pembentukan kepribadian tergantung dari sosialisasi yang dianut oleh masyarakatnya. Walaupun berbeda masyarakat mempunyai pola perilaku umum yang membatasi perilaku individu berdasar kepribadiannya.

0 komentar:

 
 
 
 
Using Xclear | Bloggerized by Themescook | Edited by Leonheart