Rabu, 23 Desember 2009

Bintang Apa Yang Sinarnya Paling Terang ??

. Rabu, 23 Desember 2009
0 komentar


     Pernahkah anda menatap ke langit dan coba-coba mencari bintang apakah yang paling terang cahayanya ?
     Memang, tentu saja jumlah bintang yang anda saksikan itu tidaklah terbilang banyaknya. Tetapi sebagian di antaranya yang paling kentara nampak oleh mata biasa tanpa menggunakan teleskop atau teropong jarak jauh ada berjumlah kira-kira 6000 buah. Dan seperempat dari jumlah ini terlampau ke Selatan letaknya sehingga sulit dapat dilihat dari Amerika bagian Utara.
     Sejak zaman munculnya ahli-ahli ilmu falak Yunani kurang lebih 2000 tahun lalu, maka bintang-bintang itu telah digolongkan menurut kekuatan daya tariknya atau kekuatan terang cahayanya. Sampai pada saat penemuan teleskop hanya ada enam jenis kekuatan daya tarik yang dikenal orang. Bintang-bintang yang mempunyai daya tarik utama ialah yang paling terang cahayanya. Bintang-bintang yang tergolong pada kelompok yang berdaya tarik keenam adalah yang paling lemah sinar cahayanya. Bintang-bintang yang sinarnya lebih lemah daripada golongan keenam ini tidak bisa terlihat tanpa menggunakan teleskop. Sekarang ini bintang-bintang dapat dipotret dengan bantuan teleskop modern sampai batas tingkat daya tarik yang ke 21 atau mungkin lebih lemah.
     Sebuah bintang yang berada dalam tahap kedudukan suatu daya tarik tertentu adalah dua setengah kali lebih lemah cahayanya dibandingkan dengan sebuah bintang yang berada dalam satu tahap lebih tinggi dari padanya. Ada terdapat 22 buah bintang yang tergolong pada daya tarik pertama, yakni bintang-bintang yang paling terang sinarnya. Dan bintang yang paling terang cahayanya ialah Sirius, yang memiliki daya tarik 1,6. Ini berarti bahwa Sirius memiliki kekuatan cahaya terang 1.000 kali lebih kuat dari bintang yang paling lemah cahayanya, yang dapat kita saksikan dengan mata kita yang polos.
     Semakin rendah kita turun pada tahap daya tarik itu, semakin banyak jumlah bintang yang terdapat di dalam golongan masing-masing itu. Jadi ada terdapat 22 buah bintang yang termasuk golongan daya tarik nomor wahid, dan 1.000.000.000 bintang yang tergolong pada daya tarik yang ke 20.

0 komentar:

 
 
 
 
Using Xclear | Bloggerized by Themescook | Edited by Leonheart